Tugas Softskill: Konvergensi Dalam New Media dan Komunikasi Nomaden

Pengertian Konvergensi dalan New Media





konvergensi media didefinisikan sebagai penggabungan media massa dengan teknologi digital yang berkembang saat ini. Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan menjadi satu platform yang sama. Konvergensi media sendiri timbul seiring dengan berkembangnya teknologi, khusunya peralihan teknologi analog ke digital. Internet dengan berbagai macam platformnya telah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat. Konvergensi media mampu menggabungkan ketiga unsur ‘C’ yang terdiri dari computing, communication dan content.

Media Konvergen Dalam New Media dan Contohnya

Salah satu media baru yang digunakan oleh masyarakat luas adalah aplikasi pada smartphone maupun tablet. Aplikasi berita, contohnya, mampu memberikan alur penyampaian informasi yang lebih cepat kepada masyarakat. Hal ini juga mendorong pelaku media untuk bekerja lebih dinamis dan real-time. Dengan kemudahan akses berita, masyarakat pastinya menuntut update berita yang lebih cepat sesuai dengan perkembangan di lapangan. Hal inilah yang sering disebut dengan jurnalisme online. Media baru berjenis online seringkali mampu memberikan berita yang cepat namun kurang akurat. Karena tuntutan waktu, fungsi editor menjadi minim pada media baru ini. 

Komunikasi Nomaden dan Contohnya

Komunikasi verbal adalah salah satu bentuk komunikasi manusia yang paling awal, tradisi bercerita lisan telah ada sejak berbagai masa dalam sejarah. Perkembangan komunikasi dalam bentuk lisan dapat dikategorikan berdasarkan periode sejarah tertentu. Kompleksitas komunikasi lisan selalu reflektif berdasarkan keadaan periode waktu. Komunikasi verbal tidak pernah terikat pada satu bidang tertentu, melainkan telah dan terus menjadi tradisi komunikasi bersama secara global. Orang berkomunikasi melalui lagu, puisi, dan nyanyian, sebagai beberapa contoh. Orang-orang akan berkumpul dalam kelompok dan mewariskan cerita, mitos, dan sejarah. Penyair lisan dari kawasan Indo-Eropa dikenal sebagai "penenun kata-kata" karena penguasaannya atas kata yang diucapkan dan kemampuan bercerita. [8] Orang nomaden juga memiliki tradisi lisan yang biasa mereka ceritakan tentang sejarah bangsanya untuk diwariskan kepada generasi berikutnya.


Suku nomaden telah menjadi pembawa obor mendongeng secara lisan. Pengembara Arab adalah salah satu contoh dari banyak suku nomaden yang terus berlanjut sepanjang sejarah yang menggunakan cerita lisan sebagai alat untuk menceritakan sejarah mereka dan cerita tentang rakyat mereka. Karena sifat hidup nomaden, individu-individu ini sering dibiarkan tanpa arsitektur dan harta benda untuk mereka sebut, dan sering meninggalkan sedikit atau tidak ada jejak dari diri mereka sendiri. Kekayaan kehidupan nomaden dan budaya dilestarikan oleh cendekiawan Muslim awal yang mengumpulkan puisi dan cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi. Puisi yang dibuat oleh pengembara Arab ini diturunkan oleh para ahli yang dikenal sebagai sha'ir . Orang-orang ini menyebarkan cerita dan sejarah suku-suku nomaden ini, dan seringkali di masa perang, akan memperkuat moral anggota suku tertentu melalui cerita-cerita ini.

Posting Komentar

0 Komentar